Monday, January 29, 2018

Pengertian, Manfaat, Kerugian Jaringan Komputer Dan Sebagainya

Pengertian, Manfaat, Kerugian

Jaringan Komputer Dan Sebagainya

PENGERTIAN JARING KOMPUTER

         Jaringan komputer adalahsekelompok komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi baik melalui media transmisi ataupun melalui media komunikasi sehingga komputer tersebut dapat saling berbagi data dan informasi, program-program, penggunaan perangkat keras secara bersama seperti penggunaan printer secara bersama-sama.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER 

1. Jaringan komputer dapat berfungsi untuk me-manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna bisa saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan dengan menggunakan printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi software jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

2. Jaringan komputer dapat membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

3. Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

4. Jaringan komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian  email merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, di samping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, conference online, dan groupware,  di mana semuanya membantu tim bekerja lebih produktif.

5.     Jaringan komputer membantu usaha dalam melayani clien mereka secara lebih efisien. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

KERUGIAN JARINGAN KOMPUTER

Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem
Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi
Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem
Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem
.
MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER

1.       Personal area network (PAN) 

         Jaringan PAN adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, (hanya beberapa meter).

2.       Jaringan Komputer LAN (Local  Area Network)

          Jaringan komputer LAN bisa diartikan sebagai jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung, satu kompleks gedung atau kampus, sekolah dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum  seperti  telepon,  melainkan  pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.

3.       Jaringan MAN  (Metropolitan  Area  Network)

          Pada dasarnya jaringan MAN adalah jaringan LAN yang berukuran lebih besar. Jaringan MAN mempunyai wilayah jaringan yang lebih luas dari jaringan LAN. Jaringan MAN disebut sebagai jaringan area metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada seperti jaringan LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar.

4.       Konsep Jaringan Komputer WAN

          Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi.

ISTILAH HOTSPOT

         Jelasnya, Hotspot adalah lokasi di mana user atau kita dapat mengakses WiFi melalui mobile computer (seperti laptop atau PDA) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jarigan seperti internet.
KABEL UTP
UTP adalah kabel sebagai media transmisi dalam jaringan Local Area Network atau LAN. Kabel UTP termasuk kabel yang tidak memiliki pelindung dan memiliki rangkaian kabel yang saling terpilin satu dengan lain. Keberadaan kabel UTP membuat antar jaringan komputer dapat terhubung melalui LAN.

URUTAN PENGKABELAN

             Untuk membuat kabel Straight, susunan warna yang digunakan adalah :
Sususan warna pada ujung 1 = Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat
Sususan warna pada ujing 2 sama dengan ujung 1.
Untuk membuat kabel Cross, susunan warna yang digunakan adalah :
Susunan warna pada ujung 1 = Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat
Susunan warna pada ujung 2 yaitu = Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat 

TOPOLOGI JARINGAN

           Topologi jaringan adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi  yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan.

JENIS-JENIS TOPOLOGI

 Topologi bus, star, ring, mesh, extended star, hierarehical.
TOPOLOGI STAR
Topologi bintangmerupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Generasi 1940
Generasi Pertama (1940 – 1959) ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) ENIAC merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum.

KOMPONEN KOMPUTER

  Mouse ialah sebuah hardware yang melengkapi keyboard teruntuk menggerakkan kursor kian kemari pada layar monitor.
  Keyboard merupakan hardware yang berfungsi teruntuk menuliskan bentuk-bentuk angka, huruf dan lainnya. Merk keyboard yang sedang populer untuk saat ini adalah keyboard logitech
  Scanner adalah hardware yang bekerja untuk mengolah ataupun menginput data analog yang akan dipindai di komputer.
  Mainboard ialah sebuah perangkat penghubung yang akan menghubungkan tiap-tiap prosesor hingga ke DVD-RAM.
  Processor adalah perangkat yang tugasnya memproses tiap-tiap data yang berbentuk apapun itu.
  RAM adalah perangkat yang menyimpan semua data secara sementara saja selama komputer yang masih on.
  HDD ialah sebuah perangkat penyimpan data yang space sangatlah lebih besar.
  VGA card adalah hardware yang bekerja untuk memproses data grafis, seperti untuk menyimpan game yang grafisnya cukup tinggi.

INFUT

Macam perangkat Input beserta fungsinya

  1. PERANGKAT INPUT
  2. Mikrofon Mikrofon berfungsi untuk memasukan data berbentuk suara kedalam komputer.
  3. Novo Media Desktop merupakan keyboard dengan koneksitas wireless dan fasilitas multimedia.
  4. Joystick dan Games PaddleAlat ini biasa digunakan pada permainan komputer.
  5. Mouse Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
  6. Graphic Pads Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads
7.       BarcodeBarcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka

OUTFUT

1. Monitor : alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.
2. Printer : alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
3. Plotter : merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
4. Speaker/Headset : Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.
5. Proyektor : alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.

PROSESOR

processor merupakan otak dari sebuah komputer, tetapi sebagian pula juga belum mengetahui pengertian dan fungsi dari processor itu sendiri.

PENDINGIN

1.      Kipas (Fan), 2. HeatSink, 3. Liquid Cooler, 4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair,
8.      TEC (Thermoelectric Cooler)

PENGERTIAN HDD

DISK Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data.

PENGERTIAN BIOS

          BIOS adalah tempat penampung atau penyimpan perintah internal command yang sudah dibuat oleh perusahaan komputer. BIOS merupakan program build-in yang bisa digunakan untuk mengontrol keyboard, tampilan layar, disk drive, komunikasi serial, dan fungsi-fungsi khusus lainnya.
RAM – ROM
RAM penyimpanan sementara

ROM penyimpanan yang permanen

0 comments: