Friday, March 30, 2018

Kantong Teh Celup yang Disebut Beracun


Pada 2016 sempat beredar di media sosial tentang bahaya kemasan plastik dan kertas yang digunakan pada produk teh celup. Kemasan seperti itu disebut-sebut mengandung racun.
Pada 7 Desember 2016 Badan POM mengeluarkan penjelasan bahwa kantong teh celup umumnya terbuat dari kertas dan plastik. Kantong teh celup yang terbuat dari kertas biasanya berupa jenis kraft dilapisi plastik polietilen yang berfungsi dalam perekatan panas. Polietilen tidak akan meleleh pada suhu titik didih air. Hal ini terlihat dengan tidak terbukanya kantong kertas teh celup saat diseduh dengan air panas. Selain itu, industri kertas untuk kemasan pangan juga sudah tidak menggunakan senyawa klorin sebagai pemutih dan syarat ini disertakan pada saat permohonan penilaian keamanan produk.

Selain kantong kertas, kantong plastik teh celup juga terbuat dari plastik jenis nilon, yakni polietilen terefltalat (PET) atau asam polilaktat (PLA). Teh celup yang terdaftar di Badan POM telah melalui evaluasi penilaian keamanan pangan termasuk penilaian keamanan kemasan atau kantong teh celup tersebut.

0 comments: